Order Sekarang Dapatkan Penawaran Menarik!

Contact us

0822-4911-9411

Tujuan menulis artikel SEO – Arti menulis artikel adalah menuangkan karangan faktual secara lengkap dan terstruktur yang memiliki tujuan tertentu dan dipublikasikan. Artikel berisi sebuah penyampaian gagasan, fakta, informasi yang dapat meyakinkan, mendidik dan menghibur.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization (pengoptimalan mesin telusur) dimana sebuah artikel akan dapat meningkatkan peringkat dalam halaman telusur jika mengikuti tahapan dalam kerangka SEO. Sangat erat kaitanya antara menulis artikel dengan menerapkan SEO agar sebuah artikel dapat memiliki target pembaca yang tepat, menjadi viral, menarik lebih banyak pembaca lagi agar manfaat yang ada dalam artikel tersebut bisa sampai ke masyarakat luas.

Kesempatan untuk belajar sedang menghinggapi mamih, “Belajar Sampai Negeri China”, “Belajar bisa dimana saja dan dari siapa saja”, beberapa kata mutiara yang memberikan motivasi yang kadang surut bahkan tenggelam. Mulai dari kesempatan belajar menulis, memahami etika, serta menggali potensi diri beberapa kali mamih ikuti untuk memberikan peluang yang lebih luas dalam dunia blogging, yang sedang mamih geluti.

Tidak mudah memang untuk mempelajari SEO, tidak satu atau dua hari lantas artikelnya cepat tercapai target di mesin pencari, tetapi semua harus dimulai dengan tahapan dan tentu saja memerlukan waktu. Untuk blog mamih sendiri juga bisa ditelusuri kesehatan blog mamih yang mempengaruhi meningkatknya SEO dalam blog. Mulai dari DA-PA, brokenlink, spam score dan tentu saja isi dari artikel tersebut.Kerangka yang dirakit dalam blog diharapkan juga dapat meningkatkan bagaimana cara blogger menulis sebuah artikel.

Tentu saja konten yang bermnafaat juga sangatlah penting, perlu diingat juga bahwa menulis dengan mengikuti tahapan SEO tidak menggangu personal touch dalam tulisan seorang blogger, tetapi bisa meningkatkan kreatifitas dan angle dalam penulisan. Jadi menggunakan mind maping, sebelum menulis direncanakan dulu apa saja yang akan ditulis dan sedalam apa, sehingga membuat sebah tulisan makin berisi dan “dewasa”.

Menulis adalah sebuah keterampilan yang diperoleh karena kebiasaan, yang sangat berkaitan dengan membaca. Seseorang akan mampu menghasilkan sebuah tulisan yang bermakna, tentu didahului dengan kegiatan membaca. Kegiatan ini hendaklah dibiasakan sejak kecil, sehingga kelak akan menjadi suatu budaya, yaitu budaya baca-tulis yang baik. Tulisan- tulisan yang dihasilkan dapat berupa fiksi, seperti: cerpen atau puisi; atau nonfiksi, seperti: artikel, atau dakwah.

Tujuan Menulis Artikel

Tujuan Menulis Artikel
Menulis Dengan Minum Kopi, Pixabay

Ketika kita menulis, tentu ada tujuan yang kita harapkan dari tulisan yang kita buat. Dari tujuan-tujuan itu, kita juga berharap akan meraih manfaat, baik bagi diri penulis maupun orang lain yang membaca tulisan kita. Sebagai sarana seseorang menuangkan idenya melalui tulisan, terkadang tidak hanya memiliki satu tujuan namun terkadang mengharapkan beraneka tujuan melalui ide-idenya yang tertata melalui tulisan. Ada beberapa tujuan menulis artikel, seperti berikut ini.

Tujuan Ideologis

Diperuntukkan bagi penulis yang berkeyakinan untuk mempengaruhi orang lain. Penulis yang bertujuan ideologis tidak peduli apakah tulisannya dibayar atau tidak, di-like atau tidak. Baginya, yang dipentingkan adalah mampu menyalurkan ideologinya melalui tulisan untuk mempengaruhi orang lain yang membaca tulisannya.

Tujuan Akademis

Penulis yang memiliki tujuan seperti ini adalah mereka yang terikat oleh kegiatan dan aturan yang bersifat akademis.Misalnya; dosen, guru, mahasiswa yang menulis di jurnal, membuat bahan ajar, buku, dan sebaginya, berkaitan dengan karier atau kepangkatan.

Tujuan Ekonomis

Tujuan menulis artikel selanjutnya adalah tujuan ekonomis sebuah artikel. Tulisan yang bertujuan untuk mendapatkan nilai ekonomis. Penulis seperti ini menjadikan kegiatan tulis-menulis sebagai sebuah profesi.

Tujuan Chatarsis

Kegiatan tulis-menulis yang bertujuan untuk menyalurkan emosi diri penulisnya. Penulis akan merasakan kegembiraan jika kesedihan, kebahagiaan, atau kesenangannya diketahui oleh orang lain melalui tulisannya.

Tujuan Politik

Penulis yang memiliki tujuan politis akan menjadikan tulisannya terkait event politik praktis atau sekadar pendidikan politik bagi masyarakat pembacanya.

Tujuan Pedagogis

Tujuan menulis artikel untuk mendidik atau mengedukasi orang lain. Contoh artikel yang membahas tentang gaya hidup, tips kesehatan, dsb.

Tujuan Medis

Bahwa kegiatan menulis diyakini mampu menjadikan sebagai terapi untuk kesehatan. Melalui kegiatan menulis, diyakini tidak hanya penyakit psikis tetapi juga berbagai penyakit fisik bisa disembuhkan.

Tujuan Pragmatis

Kegiatan tulis-menulis yang dilakukan agar penulis menjadi orang yang terkenal, atau karena tuntutan tugas yang menghendakinya harus menulis.

Jadi, kegiatan menulis itu memiliki beberapa tujuan. Tujuan menulis artikel tersebut terkadang tidak hanya memiliki satu saja tujuan, akan tetapi bisa memiliki beberapa tujuan menulis artikel sekaligus secara terintegrasi. Tentu hal ini akan mempermudah seorang penulis dalam menghandle beberapa tujuan menulis artikel dalam satu buah artikel saja.

Manfaat Menulis Artikel

Manfaat Menulis Artikel
Membaca Buku Dengan Minum Teh, Pixabay

Selain mengenai tujuan menulis artikel, terdapat berbagai manfaat yang bisa diambil saat kamu membuat artikel. Ada pun manfaat dari kegiatan menulis di antaranya adalah manfaat bercorak nilai dan manfaat praktis. Adapun manfaat yang bercorak nilai, seperti berikut ini.

  • Semakin banyak membaca dan belajar maka tulisan yang dihasilkan semakin berkembang, dan ilmu semakin bertambah.
  • Melatih untuk berpikir logis dan sistematis, baik pada tulisan kategori fiksi maupun nonfiksi.
  • Menuliskan hasil bacaan adalah cara kita untuk menangkap makna.Makna yang kita tangkap dari bacaan akan lebih kuat/terikat maknanya jika kita tuliskan.
  • Sarana chatarsis, yang mana seseorang akan merasa lega hatinya jika dapat menuangkan unek-uneknya ke dalam bentuk tulisan.
  • Sarana dakwah, bahwa tulisan seperti ini terkait dengan tujuan ideologis. Melalui tulisan tentu sangat banyak materi dakwah yang bisa penulisnya sampaikan, juga kepada banyak orang dari berbagai kalangan secara luas.
  • Sarana mengedukasi tentang hal-hal yang bermanfaat.
  • Sarana kepuasan mental, spiritual, dan intelektual yang tidak ternilai dan tidak tergantikan.

Sedangkan manfaat praktis atau pragmatis dari kegiatan menulis, misalnya; untuk menjadikan si penulis terkenal, dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas tertentu, misalnya bagi siswa atau mahasiswa.Jadi, berbagai tujuan dari kegiatan menulis, sekaligus mendatangkan berbagai manfaat bagi penulis maupun orang-orang yang membaca tulisan tersebut.

Oleh karena itu, kegiatan menulis hendaknya dibiasakan sejak dini, sehingga kelak menjadi membudaya pada diri kita. Dan apabila kamu merasa jenuh saat menulis artikel, kamu bisa memesan jasa tulis artikel SEO kepada kami. Dengan pengalaman menulis artikel yang kami punya, kami pastikan kamu akan puas dan akan mencapai tujuan menulis artikel yang benar.